Langsung ke konten utama

Lima Kesalahan Fatal yang Perlu Anda Hindari Ketika Membangun Rumah

Kesalahan Membuat Rumah

Memilih untuk membangun ketimbang membeli rumah merupakan sebuah keputusan yang tricky, dimana Anda pasti telah memikirkan segalanya dengan matang, termasuk keuntungan, kekurangan, dan resiko terburuk yang mungkin terjadi selama pembangunan berlangsung, seperti proyek yang terbengkalai di tengah jalan, kontraktor yang tidak kompeten, sampai hasil akhir bangunan yang tidak sesuai permintaan Anda. Dengan begitu banyaknya kemungkinan-kemungkinan buruk yang dapat terjadi, hal ini membuat proyek membangun rumah menjadi sebuah langkah besar yang memerlukan perencanaan yang matang. Agar Anda senantiasa waspada dengan segala persiapan proyek pembangunan rumah Anda, di bawah ini akan dihimpun lima kesalahan fatal ketika membuat rumah yang harus Anda hindari.

1.    Tidak adanya kontrak dengan pihak kontraktor atau kontrak memuat klausa yang tidak lengkap
Mungkin ada salah seorang kenalan Anda berprofesi sebagai kontraktor sehingga Anda tidak begitu ambil pusing dengan masalah kontrak. Tak jarang juga beberapa orang mempekerjakan kontraktor hanya dengan sekadar kesepakatan lisan saja, tanpa adanya hitam di atas putih, tanpa adanya klausul yang jelas. Hal ini bisa saja disebabkan karena sang kontraktor mungkin adalah seorang kerabat dekat atau anggota keluarga. Untuk kondisi seperti demikian, sebaiknya Anda memisahkan urusan pribadi dengan pekerjaan. Bersikaplah seprofesional mungkin dengan mengecek segala kelengkapan berkas kontrak sebelum Anda mempercayakan seseorang sebagai kontraktor proyek, apapun hubungan emosional Anda dengan sang kontraktor. Hal ini diperlukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari, seperti misalnya kontraktor yang bekerja tidak sesuai keinginan Anda. 

Adanya kontrak dengan klausa yang tidak lengkap juga dapat menimbulkan masalah di kemudian hari. Misalnya apabila tidak ada poin kesepakatan yang mengatur kejadian-kejadian tak terduga seperti misalnya masa pengerjaan proyek yang terlalu lama, atau bagaimana jika ada biaya tambahan yang muncul di luar rencana budgeting di awal.
2.    Tidak mengurus izin pemerintah
Selain kontrak, izin dari pemerintah untuk mendirikan bangunan juga tak kalah pentingnya. Tanpa izin dari pemerintah, bangunan Anda terancam digusur di kemudian hari. Selain itu, Anda juga bisa saja dikenakan sanksi pidana karena telah mendirikan bangunan tanpa izin resmi. Oleh karena itu, jangan pernah menganggap remeh kepemilikan IMB (Izin Mendirikan Bangunan) sebelum membangun rumah.
3.    Tidak mencari latar belakang dan portofolio kontraktor
Untuk dapat menjatuhkan pilihan pada kontraktor yang mumpuni untuk menangani rumah impian, Anda perlu memastikan kemampuan calon kontraktor Anda dengan melihat dan mencermati portofolionya. Jejak rekam seorang kontraktor sangat penting untuk keberlangsungan proyek Anda, dan juga untuk sebagai penjamin bahwa kontraktor tersebut dinilai kompeten untuk menyelesaikan level proyek Anda. Sayangnya, tidak semua orang mau menyisihkan sedikit waktu untuk melakukan hal ini. Akibatnya, timbul kekecewaan di akhir karena kontraktor Anda gagal merealisasikan dengan sempurna desain menawan yang Anda miliki di awal.
4.    Tidak mengecek dua kali material yang dipakai
Menggunakan jasa kontraktor bangunan bukan berarti Anda sudah tidak perlu ikut campur dalam proses pengerjaan proyek, lho. Kesalahan yang paling sering orang lakukan adalah tidak mengecek ulang segala bahan dan material yang digunakan oleh kontraktor. Bisa saja kontraktor Anda menggunakan material-material bangunan yang berkualitas rendah padahal Anda memberi anggaran untuk bahan bangunan berkualitas tinggi. Pastikan juga elemen-elemen yang terpasang memang sesuai dengan keinginan Anda, seperti jenis, material, dan ukuran pintu atau jendela. Awasi jalannya proses pembangunan sehingga pada akhirnya rumah akan sesuai desain awal yang telah dibuat.
5.    Perencanaan budgeting yang tidak tepat
Bicara masalah budgeting, sudah menjadi rahasia umum kalau urusan keuangan selalu rawan untuk menjadi sumber masalah. Jika Anda tidak memiliki rencana budgeting yang kurang matang, siap-siap proyek Anda akan tersendat di tengah jalan dan bangunan yang telah setengah jalan berdiri akan terbengkalai begitu saja.
Demikianlah kelima hal yang dapat mengganggu jalannya proyek pembangunan rumah Anda. Pastikan Anda tidak melakukan hal-hal tersebut di atas jika ingin rumah Anda dapat terbangun dengan sempurna.

Komentar

  1. Bagi Anda yang membutuhkan jasa bersih rumah di kota Bandung, kami siap melayani Anda

    SapuBersih
    081299115115
    http://sapubersih.id

    BalasHapus

Posting Komentar