Langsung ke konten utama

3 Tempat Bersejarah yang Sebaiknya Kamu Kunjungi Saat Berada di Surabaya

Surabaya adalah salah satu daerah di Jawa Timur yang lebih dikenal sebagai kawasan metropolitan seperti Jakarta. Namun kalau bicara soal pariwisata, Surabaya masih kalah terkenal dibanding daerah-daerah seperti Bali, Labuan Bajo, Yogyakarta, Bandung, atau Lombok. Meskipun begitu, bukan berarti Surabaya tidak memiliki spot pariwisata yang menarik untuk dikunjungi karena sebenarnya Surabaya juga punya beberapa tempat wisata bersejarah yang cukup potensial. Kalau tidak percaya, kamu bisa browsing tempat-tempat bersejarah yang ada di Surabaya di internet sambil pesan kamar hotel di reservasi.com.

Jadi buat kamu yang punya rencana ke Surabaya, sebaiknya catat daftar tempat wisata bersejarah di Surabaya berikut ini terlebih dahulu sebelum kamu melakukan booking hotel di Surabaya.

● House of Sampoerna

House of Sampoerna Reservasi Wisata Bersejarah Surabaya
House of Sampurna merupakan sebuah bangunan bersejarah yang sudah berdiri sejak jaman kolonial Belanda, tepatnya pada tahun 1862. Dahulu, tempat ini berfungsi sebagai panti asuhan yang dikelola oleh pemerintah Belanda. Lalu di tahun 1932, bangunan ini dibeli oleh seorang mantan penghuni panti asuhan tersebut bernama Liem Seeng Tee yang kemudian fungsinya dialihkan menjadi tempat produksi rokok.

Namun sejak tahun 2003, tepatnya di perayaan ulang tahun perusahaan Sampoerna ke 90, sebagian bangunannya difungsikan sebagai museum. Hingga saat ini, museum tersebut sudah menjadi salah satu aset wisata bersejarah yang ada di Surabaya. Di dalamnya, pengunjung bisa melihat proses produksi rokok secara tradisional, koleksi barang-barang kuno, dan hal menarik lainnya.

Sebagai bonus, House of Sampurna juga punya desain arsitektur yang unik dengan gaya Eropa klasik. Hampir setiap sudut yang ada di House of Sampoerna sangat Instagramble. Jadi, kamu yang suka berfoto dengan gaya vintage akan sangat dimanjakan dengan spot-spot instagramable yang ada di sana.

House of Sampoerna berlokasi di jalan Taman Sampoerna dan kamu bisa berkunjung ke sini secara gratis.

● Monumen Kapal Selam
Monumen Kapal Selam
Picture: blog.reservasi.com

Dahulu, Surabaya merupakan tempat penting untuk bidang ke Maritiman. Di sini, terdapat pangkalan Armada Laut Timur yang sangat besar. Surabaya juga jadi saksi bisu kejayaan maritim Indonesia di masa lalu.

Untuk mengenang kejayaan maritim Indonesia di masa lalu, maka dibangunlah sebuah Monumen Kapal Selam di jalan Pemuda. Monumen ini dibangun menggunakan kapal selam asli Milik TNI angkatan Laut, yaitu KRI Paoepati dengan nomor lambung 410. Kapal selam bertipe Whiskey Class buatan Uni Soviet ini adalah satu dari 10 kapal selam yang digunakan dalam operasi Antareja Jaya Wijaya untuk pembebasan Irian Barat.

Sekarang, kapal selam ini jadi tempat wisata bersejarah yang sangat menarik. Selain bisa melihat seluk beluk kapal selam yang dimiliki Indonesia pada tahun 1962 ini, kamu juga bisa belajar banyak hal tentang sejarah yang terkandung di dalamnya, karena sang pamandu wisata berseragam pelayaran yang ditugaskan di sana dapat menjelaskan banyak hal pada wisatawan.

● Museum 10 Nopember


Museum 10 November Surabaya

Picture: wisataa.com

Setelah kemerdekaan Indonesia diproklamasikan pada 17 Agustus 1924, rupanya masyarakat Indonesia belum semuanya merasakan kemerdekaan. Pada 10 November 1945, Surabaya masih bergejolak akibat pecahnya peperangan pertama setelah Kemerdekaan dengan pasukan sekutu. Perang tersebut merupakan bentuk perlawanan Arek Suroboyo yang digerakan oleh tokoh-tokoh hebat seperti Bung Tomo terhadap ultimatum yang diberikan oleh pasukan sekutu. Peristiwa yang menelan ribuan korban jiwa itu pun jadi salah satu simbol perjuangan bangsa Indonesia sampai sekarang.

Untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang terlibat dalam peristiwa 10 Nopember, kamu bisa berkunjung ke Museum 10 Nopember. Di museum yang diresmikan pada tahun 2001 oleh Abdurahman Wahid yang pada waktu itu menjabat sebagai Presiden Indonesia ini, kamu bisa melihat aneka koleksi yang melambangkan perjuangan arek Suroboyo dalam memertahankan kemerdekaan Indonesia. Ada koleksi yang berupa patung, diorama, senjata, sampai foto dokumentasi. Di sini juga kamu bisa mendengarkan pidato bung Tomo yang berhasil membakar semangat perlawanan bangsa Indonesia pada waktu itu. Pidato tersebut berbunyi, “Saudara-saudara rakyat Surabaya, siaplah! Keadaan Genting. Tetapi saya peringatkan sekali lagi, jangan mulai menembak, baru kalau kita ditembak maka kita akan ganti menyerang mereka itu. Kita tunjukan bahwa kita ini benar-benar orang yang ingin merdeka.”

Museum ini masih berada di kawasan yang sama dengan Tugu Pahlawan, sebuah simbol perjuangan arek Suroboyo saat peristiwa 10 Nopember yang sudah lebih dulu dibangun.

Lokasi tempat-tempat bersejarah tersebut cukup dekat dengan hotel-hotel murah yang ada di Surabaya. Jadi setelah booking hotel di Surabaya, kamu bisa langsung segera berkunjung ke tempat-tempat bersejarah tadi.

So, ayo booking hotel di Surabaya sekarang juga dan kunjungilah tempat-tempat bersejarah tadi agar momen liburanmu bisa terasa lebih berkesan. Untuk mendapat kamar hotel idaman dengan penawaran harga terbaik, jangan lupa untuk pesan kamar hotel di reservasi.com.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Hal Penting Ini Wajib Kamu Ketahui Ketika Berlibur Ke Negara Korea Selatan

4 Alasan Kenapa Anda Harus Curiga dengan Cicilan Tanpa Bunga