Langsung ke konten utama

4 Hal Penting Ini Wajib Kamu Ketahui Ketika Berlibur Ke Negara Korea Selatan

Annyonghasimnikka…!
Annyonghaseyoo…!

                Kata sapaan seperti di atas mungkin tidak asing lagi ditelinga para pecinta Korea, khususnya Korea selatan. Merebaknya virus Korean wave hampir diseluruh dunia, termasuk Indonesia, membuat negara Korea Selatan semakin banyak diminati oleh para wisatawan. Di Indonesia sendiri, banyak orang yang mendambakan untuk bisa pergi berlibur ke negara Korea Selatan. Selain karna budayanya yang unik, para selebnya yang ganteng dan cantik, kawasan kota yang bersih dan modern serta banyaknya objek wisata menarik yang ada di Korea Selatan, membuat pengunjung selalu bertambah setiap tahunnya.
                Apabila kamu merencanakan berlibur ke negara Korea Selatan dalam waktu dekat, sebaiknya perhatikan beberapa hal penting berikut ini, agar selama berliburan, kamu dapat menikmatinya tanpa hambatan dan masalah. Sebelumnya taukah sobat kalau Korea Selatan salah satu negara yang memiliki akses internet super cepat , jadi sobat saat berada di Korsel bisa memanfaatkan koneksi internet atau Wi-Fi sebagai koneksi membuka informasi wisata ataupun map selama di Korsel. Salah satu cara mengakses Wifi di Korea Selatan ialah menggunakan PASSPOD.ID dengan biaya yang terjangkau.

Berlibur Ke Negara Korea Selatan

1.       Perhatikan Minuman

Jika kamu seorang muslim atau orang yang anti dengan minuman alkohol, sebaiknya berhati-hati dalam memilih minuman saat berada di Korea Selatan. Pasalnya, disini minuman alkohol dijual bebas dibanyak tempat. Mabuk dan minum minuman keras memang sudah jadi tradisi masyarakat Korea Selatan sehingga bukan pemandangan yang aneh lagi jika kita melihat orang mabuk di tengah jalan. Bahkan pada saat tertentu, seperti Jumat malam merupakan hari mabuk nasional bagi orang Korea. Banyak dari para pekerja yang menghabiskan waktu dengan minum alkohol bersama teman atau kerabat.

2.       Etika Makan Orang Korea

Saat berkunjung  ke nagara lain, mau tidak mau kita harus nurut dengan peraturan yang ada ditempat tersebut, termasuk dalam soal etika. Ibarat pepatah “Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung”. Begitu pula saat berada di Korea Selatan. Disini, ada etika makan yang sangat perlu diperhatikan dan seharusnya diketahui oleh setiap wisatawan asing yang datang sebagai bentuk penghargaan terhadap budaya lokal setempat.
Sebagian etika makan di Korea yang perlu kamu ketahui adalah jangan menggunakan sumpit dengan sendok secara bersamaan, jangan meletakkan sendok atau sumpit di atas makanan namun kembalikan ke tempat semula saat pertama kali diletakkan, hindari menunjuk sesuatu atau orang menggunakan sumpit saat makan karna hal ini dianggap sangat tidak sopan, apabila kamu makan disebuah rumah dimana ada jamuan, maka tunggulah terlebih dahulu si tuan rumah, jangan makan lebih dulu dari tuan rumah serta sesuaikan ritme makan dengan orang lain yang mengajak kamu makan. Oya, jika kamu makan menu masakan yang ada kuahnya seperti ramen, jangan ragu untuk menyeruput kuahnya hingga berbunyi, karna ini bisa jadi salah satu bentuk penghargaan atas makanan yang kamu makan.

3.       Perhatikan Penggunaan Tata Bahasa

Bisa berbahasa Korea, tidak hanya sebatas menghapal banyak kosa kata melainkan juga harus memahami tingkatan dan penggunaan tata bahasanya. Jika kamu ingin dianggap orang yang sopan ketika berbicara dengan orang Korea, ada baiknya mempelajari terlebih dahulu soal tata bahasa Korea. Tidak jauh berbeda dengan bahasa Jawa, bahasa Korea umumnya memiliki tingkatan, dari yang paling halus, halus hingga kasar (bahasa percakapan sehari-hari).

4.       Jangan Sebut Merk Luar Korea

Plisss jangan sebut merk lain yang berasal dari luar Korea! Ini hal penting lainnya yang harus kamu ketahui terkait orang Korea. Why? Konon, masyarakat Korea merupakan orang-orang yang sangat fanatik terhadap produk dalam negeri terlebih pada merk besar seperti Samsung. Saking besarnya kecintaan mereka terhadap produk dalam negeri, tak jarang mereka merasa kesal ketika ada orang asing yang membanggakan produk luar dibandingkan dari merk Korea. So, hati-hati saat ingin menyebutkan merk asing yaa…!

Komentar