Langsung ke konten utama

6 Desain Rumah Murah, Solusi Pilih Kontrakan Murah Masa Kini

Saat belum bisa membeli atau membuat rumah, mengontrak rumah adalah solusi kebutuhan tempat tinggal yang tepat. Kontrakan murah sudah banyak ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau. Anda dapat memilih tipe rumah murah yang paling sesuai. Dengan memilih rumah kontrakan yang murah, budget lebih hemat dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan lain. Inilah 6 desain rumah murah yang punya penawaran harga bersahabat.

Kontrakan Murah


Rumah Minimalis
Rumah minimalis mempunyai ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan rumah lainnya. Itulah alasan mengapa rumah minimalis digolongkan ke dalam desain rumah murah. Harga sewa rumah menjadi lebih murah karena ukurannya yang terbatas, baik dari halaman, maupun ukuran setiap ruangan. harga sewa memang lebih murah, tetapi harus siap dengan keterbatasan ukuran. Intinya, setiap pilihan pasti ada plus minusnya. 

Jika Anda memutuskan untuk menyewa rumah minimalis ini, hendaknya Anda harus siap dengan segala konsekuensinya, termasuk ukuran ruangan yang lebih kecil dari rumah pada umumnya. Meskipun ada keterbatasan tersebut, ada teknik desain interior agar rumah menjadi lebih luas, di antaranya penggunaan furnitur minimalis, furnitur multifungsi, tata ruang yang rapi, dan lain sebagainya.

Rumah Satu Lantai
Rumah satu lantai merupakan desain rumah murah lainnya yang mempunyai penawaran harga sewa lebih rendah. Apakah Anda ingin menyewanya? Rumah tanpa tingkat atau rumah satu lantai ini tergolong lebih murah untuk disewa karena mempunyai ruang secukupnya, tidak selengkap rumah bertingkat. Rumah satu lantai sudah tersedia dalam jenis minimalis, sedang, dan besar. 

Untuk memilih jenis rumah satu lantai, pikirkan berapa jumlah orang yang akan tinggal di dalamnya. Pastikan bahwa ruangan yang tersedia bisa menampung serta tidak kelebihan kapasitas. Kesesuaian ini harus ada karena kebutuhan setiap orang harus dipenuhi. Kebutuhan akan tempat tinggal dengan sistem sewa murah ini akan terealisasi dengan baik apabila rumah yang dipilih mempunyai kapasitas yang memadai.

Rumah dengan Desain Lama
Saat ini banyak dibangun rumah modern hingga postmodern atau kontemporer. Harganya juga bervariasi. Rumah kontrakan yang punya desain modern hingga kontemporer juga sudah banyak, namun harganya tergolong mahal. Berbeda dengan desain baru yang punya harga sewa lebih tinggi, kontrakan murah dapat direalisasikan dengan memilih rumah dengan desain lama. 

Desain lama yang dimaksud adalah desain yang tidak terlalu modern, sehingga tidak mengikuti tren desain saat ini. Rumah desain lama ini dapat dipilih berdasarkan ukuran ruangan, letak atau lokasi, serta desain interior yang diterapkan. Agar lebih meyakinkan, Anda bisa memeriksa kondisi bangunan luar dan dalam untuk mengetahui kualitas bangunan masih layak huni atau tidak.

Hunian dengan Halaman Terbatas
Hunian atau tempat tinggal yang punya harga sewa lebih murah adalah rumah dengan halaman yang terbatas. Halaman yang tidak terlalu luas ini umumnya berada di wilayah perkotaan. Jadi, apabila Anda ingin membeli rumah di perkotaan, maka pilihlah rumah dengan halaman terbatas. Harga rumah yang terbatas ini bisa ditetapkan karena secara otomatis lahan rumah juga terbatas. 

Lahan yang terbatas dan hanya cukup untuk membangun rumah dengan sisa lahan yang sedikit adalah faktor harga sewa murah. Memang benar pernyataan bahwa ada harga, maka ada kualitas. Harga sewa yang lebih murah ini sudah mencerminkan halaman rumah yang memang terbatas. Poin plus dan minus ini merupakan konsekuensi yang harus Anda peroleh ketika memilih desain rumah murah.

Hunian Semi Permanen
Hunian atau tempat tinggal semi permanen merupakan salah satu solusi untuk mengontrak rumah dengan harga lebih murah. Penawaran harga sewa lebih murah tersebut dikarenakan struktur rumah semi permanen yang biaya pembangunannya juga lebih murah. Rumah semi permanen mempunyai dinding 50% dari batu bata dan sisanya masih kayu. Lantainya juga masih berupa ubin.

Rumah Non-Full Furnished
Rumah jenis ini juga digolongkan pada desain rumah murah. Rumah ini belum sepenuhnya selesai finishing. Sebagai contoh, dinding rumah yang sebagian belum dicat, baik masih dalam bentuk batu bata, maupun sudah dilapisi semen. Contoh lainnya adalah lantai rumah yang masih terdiri atas ubin dan keramik, jadi belum sepenuhnya merata. Meskipun belum sempurna di-finishing, namun rumah jenis ini sudah layak huni, artinya tidak ada bangunan yang rusak dan sudah selesai dibangun.

Berbagai desain rumah murah yang sederhana tersebut bisa dipilih oleh Anda yang ingin mempunyai harga sewa yang lebih terjangkau. Setiap desain tersebut bisa disesuaikan juga dengan kebutuhan dan selera Anda. Dalam proses pemilihan desain rumah kontrakan murah, upayakan untuk memilih bangunan rumah yang berkualitas unggul. Jangan sampai memilih rumah dengan kondisi yang kurang layak. Hal ini akan merugikan Anda sebagai penyewa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Tempat Bersejarah yang Sebaiknya Kamu Kunjungi Saat Berada di Surabaya

4 Alasan Kenapa Anda Harus Curiga dengan Cicilan Tanpa Bunga

5 Usaha Sampingan Paling Cocok Buat Mahasiswa Bahasa Indonesia