Diberdayakan oleh Blogger.

Manfaat Olahraga Bagi Ibu Hamil

by - Februari 21, 2018

Wanita yang sudah mendapatkan kehamilan biasanya akan merasakan kebahagiaan, karena kehadiran si buah hati akan melengkapi kehidupan berumah tangganya, namun seiring dengan itu tubuh wanita hamil juga akan bekerja 2 kali lipat karena juga harus memberi nutrisi pada si kecil yang masih dalam kandungan. Tubuh wanita hamil biasanya akan mengalami sering sakit pinggang, mudah lelah, dan lain-lain. 
Olahraga Untuk Ibu Hamil
Karena itulah selain memenuhi kebutuhan Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil, hendaknya juga dibarengi dengan istirahat yang cukup agar badan tidak terlalu letih. Istirahat yang cukup bukan berarti ibu hamil tidak harus menggerakkan badannya, ada beberapa olahraga yang cocok dan bisa dilakukan agar kebugaran tubuh tetap terjaga.

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan untuk ibu hamil yang berolahraga, seperti

Tubuh Menjadi Lebih Sehat


Jika Anda melakukan olahraga yang tepat saat kehamilan maka tubuh akan menjadi lebih sehat, umumnya olahraga pada masa kehamilan dilakukan sebanyak 30 menit setiap harinya atau beberapa hari dalam seminggu. Selain itu gejala tidak nyaman selama kehamilan seperti mual dan lain sebagainya bisa diatasi dengan berolahraga secara rutin

Persalinan Menjadi Lebih Mudah


Beberapa studi menyatakan ibu hamil yang rutin olahraga saat hamil maka saat melahirkannya tidak terlalu merasakan sakit, selain itu olahraga saat hamil juga akan membuat anak yang dilahirkannya memiliki berat badan normal. Hal ini disebabkan otot-otot akan mengalami peregangan dan penyesuaian selama berolahraga.

Bayi Lebih Sehat


Selain menyehatkan ibunya, anak yang dilahirkan dari ibu yang aktif bergerak akan memiliki anak yang mempunya jantung lebih sehat, selain itu juga terhidar dari risiko terkena tekanan darah tinggi. Selain itu si bayi yang berusia sepuluh hari biasanya akan memiliki tingkat kematangan otak yang lebih dibandingkan dengan ibu yang tidak rutin berolahraga selama masa kehamilan. Hal ini akan berdampak pada kemampuan indra sikecil seperti penglihatan, pendengaran, hingga motoriknya.

Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik


Ukuran perut yang lebih besar mungkin akan membuat pengaruh pada aktivitas si ibu, salah satunya aktivitas istirahat seperti tidur. Pada saat tidur beberapa wanita akan kesusahan mendapatkan posisi yang nyaman dikarenakan perut yang semakin besar, dengan berolahraga maka biasanya tidur akan menjadi lebih nyaman setelahnya.

Berat Badan Lebih Mudah Turun


Menurut studi ilmiah, wanita yang rutin berolahraga selama masa kehamilan setelah melahirkan berat badannya akan turun lebih banyak 3 kg dibandingkan dengan yang tidak berolahraga, tentunya hal ini tidak akan berpengaruh pada berat badan bayi.


Olahraga yang bisa dilakukan untuk ibu hamil ada bermacam-macam, namun yang perlu dihindari adalah olahraga yang terlalu berat atau terlalu beresiko, terutama untuk menghindari terjatuh. Contoh olahraga yang bisa dilakukan disekitar rumah seperti jalan kaki, jalan kaki merupakan salah satu olahraga terbaik yang bisa dilakukan selama masa kehamilan, selain itu olahraga ini bisa dilakukan oleh ibu hamil dalam usia hamil berapapun.

Lakukanlah jalan kaki ini sekitar 30 menit per hari setiap paginya, hindari waktu selain itu seperti terik siang atau malam hari, jika si ibu mengalami pendarahan, sesak nafas, kontraksi, pusing, dll, hentikan dulu olahraganya untuk sementara, dan segera hubungi dokter kandungan Anda.

selain itu lengkapi juga kebutuhan tubuh ibu hamil dengan mengonsumsi Vitamin Untuk Ibu Hamil, Anda bisa mendapatkannya dari buah dan sayur-sayuran, selain itu jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter.

You May Also Like

0 komentar