Diberdayakan oleh Blogger.

3 Manfaat Penting dari Asuransi Jiwa yang Belum Anda Ketahui

by - September 19, 2018

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mengumumkan total klaim dan manfaat asuransi jiwa di kuartal II 2018 sebesar Rp60,78 triliun, atau mengalami peningkat sebesar 14,5 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp53,08 triliun. Maka tak heran banyak perusahaan asuransi yang kini hadir untuk melayani masyarakat terkait kebutuhan Asuransi salah satunya adalah Ciputra Life.
 
Ketua Bidang Pendidikan dan Pengembangan AAJI Chris Bendl mengatakan, porsi terbesar pembayaran klaim dan manfaat adalah dari klaim nilai tebus (surrender) yang mencapai 57,3 persen dari total klaim dan manfaat, atau meningkat 16,2 persen menjadi Rp34,80 triliun bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang sebesar Rp29,96 triliun. 

Asuransi Jiwa
 
Namun demikian, dari sisi pertumbuhan total tertanggung industri asuransi jiwa mengalami penurunan 9 persen dari 58.509.690 orang di kuartal II 2017 menjadi 53.271.946 orang di kuartal II 2018. Menurut Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu, penurunan ini lebih disebabkan karena terjadinya penurunan jumlah tertanggung.
 
Berdasarkan catatan AAJI, pada kuartal kedua tahun 2018, penetrasi asuransi jiwa yang dilihat dari besarnya jumlah tertanggung perorangan terhadap jumlah penduduk menunjukkan nilai di angka 6,6 persen.
 
Lebih lanjut, data dari Asosisasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) tersebut menunjukkan sudah banyak orang yang menyadari pentingnya manfaat asuransi jiwa. Apakah Anda termasuk dalam daftar 53 juta orang yang memiliki asuransi jiwa tersebut?
 
Tapi, meski sudah memiliki asuransi jiwa, bisa jadi Anda belum tahu manfaat utamanya. Sebab mungkin saja Anda memiliki asuransi jiwa karena ditanggung kantor atau beli karena agennya adalah seorang kawan.
 
Lalu, apa manfaat utama dari asuransi jiwa yang bisa membantu hidup? Berikut ini 3 manfaat penting memiliki asuransi jiwa yang dirangkum dari CiputraLife.com
 
Manfaat Asuransi Jiwa Membantu Melanjutkan Hidup Bagi yang Ditinggal
Sebagai kepala keluarga, memikirkan keluarga tidak cukup hanya dengan memikirkan keperluan hari ini saja. Pikirkan juga keperluan yang mereka butuhkan di hari depan. Seandainya ada kejadian tak diinginkan seperti kematian, asuransi jiwa bisa memberi perlindungan bagi keluarga yang ditinggalkan. Uang pertanggungan dari asuransi jiwa bisa membiayai keluarga beberapa saat sampai mereka bisa mencari nafkah sendiri.
 
Manfaat Asuransi Jiwa Bisa Menjamin Masa Depan Pendidikan Anak
Salah satu dana keluarga yang harus dipersiapkan dalam jangka panjang adalah dana pendidikan. Perhitungkan berapa lama dana pendidikan yang harus dipersiapkan untuk anak. Setidaknya persiapkan dana pendidikan anak hingga mereka berusia 21 tahun. Misalnya anak Anda sekarang berusia dua tahun, maka polis asuransi jiwa yang diambil adalah 19 tahun ke depan.
 
Uang Pertanggungan Bisa Melindungi Beban Utang
Manfaat asuransi jiwa yang ketiga ini perlu dipahami dengan benar. Uang pertanggungan asuransi jiwa bisa melindungi keluarga dari risiko beban utang, yang mungkin saja jumlahnya besar. Misalnya saja kepala keluarga dilindungi asuransi jiwa KPR dan meninggal dunia pada tahun ke-5 periode membayar cicilan. Artinya, mestinya cicilan masih tersisa 10 tahun lagi. Dalam kondisi seperti ini, perusahaan asuransi akan membayar sisa kredit yang harus dibayarkan. Jadi, utang tersebut tidak membebani keluarga. Pahami lebih jauh mengenai Asuransi Jiwa KPR di sini.
 
Semoga dengan mengetahui manfaat asuransi jiwa ini, Anda akan sadar pentingnya asuransi jiwa untuk masa depan kehidupan keluarga Anda.

You May Also Like

0 komentar