Diberdayakan oleh Blogger.

Pemilik Kulit Wajah Kering Wajib Tahu Dua Jenis Alkohol

by - April 23, 2019

Ketika menyebutkan alkohol, maka orang-orang langsung mereferensikannya dengan ethanol. Ya, ethanol adalah bagian dari alkohol. Namun tidak semua alkohol adalah ethanol. 

Make Up Cleanser Wajah

Terdapat dua jenis alkohol, yaitu ethanol dan fatty acid. Kedua jenis alkohol ini sering ditambahkan pada produk-produk kecantikan wanita. Berikut perbedaan karakteristik ethanol dan fatty alcohol dalam produk make up cleanser wajah, skincare, maupun kosmetik. 

Ethanol 
Senyawa ethanol adalah zat kimia dengan molekul yang sederhana. Ethanol inilah yang dikenal orang-orang sebagai alkohol. Di masyarakat, ethanol memiliki sebutan alkohol murni, etil alkohol, atau alkohol absolut. Senyawa ethanol ditemukan dalam konsentrasi tinggi pada minuman beralkohol serta termometer modern. 

Pada produk cleanser wajah, skincare dan kosmetik, ethanol berfungsi agar produk lebih cepat kering di permukaan kulit, sehingga tak menimbulkan rasa berminyak dan lengket. Ethanol juga salah satu pelarut yang baik dan sering digunakan untuk melarutkan bahan-bahan minyak seperti asam salisilat dan parfum. 

Ethanol dalam skincare dan kosmetik sering ditulis dengan beberapa nama lain. Label ingredients pada produk yang mencantumkan ethanol umumnya menuliskan SD-Alcohol, Alcohol Denat, atau ditulis sebagai alkohol saja. 

Make up cleanser untuk kulit kering sebaiknya tidak menggunakan ethanol di dalamnya. Sifatnya yang mudah menguap dan mengiritasi kurang baik untuk kulit kering dan kulit sensitif. 

Fatty alcohol 
Satu lagi jenis alkohol yang kurang akrab di telinga masyarakat adalah fatty alcohol. Alkohol jenis ini juga disebut sebagai alkohol berlemak, karena dikelilingi dengan wax. Sebutan alkohol berlemak terkait dengan fatty alcohol yang biasanya berlilin. 

Fatty alcohol adalah senyawa yang bisa disebut natural. Senyawa fatty alcohol dapat berasal dari turunan lemak atau minyak alam. 

Kebalikan dari ethanol, fatty alcohol justru mampu memberikan kelembaban bagi kulit karena berasal dari lemak. Fatty alcohol dapat berfungsi sebagai pengemulsi dan stabilizer sebuah produk. 

Dalam produk-produk kosmetik dan perawatan kulit, fatty alcohol umumnya ditulis dalam beberapa nama. Mulai dari cetyl alcohol, stearyl alcohol, cetearyl alcohol, behenyl alcohol, hingga myristyl alcohol. 

Nivea sebagai salah satu brand kecantikan yang peduli pada kulit kering, memiliki varian makeup cleanser wajah dan produk lain khusus untuk kulit kering. Formulasinya tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan kulit kering yang haus akan hidrasi dan kelembutan ekstra.

You May Also Like

0 komentar