Diberdayakan oleh Blogger.

Kiat Sukses Ajukan Pinjaman KTA

by - Desember 03, 2019

Syarat menabung di BRI

Pinjaman KTA atau Kredit Tanpa Agunan merupakan salah satu produk perbankan yang menjadi andalan banyak masyarakat untuk mendapatkan pinjaman dana segar saat mendapati keadaan yang mendesak. Namun sayangnya untuk mendapatkan Pinjaman KTA tidaklah semudah memenuhi syarat menabung di Bank BRI atau bank konvensional lainnya.

Namun jika sudah menyiapkan semua data dan persyaratan untuk mengajukan pi jaman KTA prosesnya pun cepat. Setidaknya ada dua hal penting yang harus diperhatikan saat kamu ingin mengajukan pinjaman KTA.

Pertama, administrasi data. Anda harus melengkapi dokumen persyaratan pengajuan KTA dengan benar. Kedua, jadilah nasabah yang bisa dipercaya oleh bank. Dua hal sederhana di atas menjadi poin penting untuk diperhatikan sebab bank akan sangat berhati-hati dalam memberikan pinjaman ke nasabahnya. 

Dalam melakukan analisa kredit, bank akan menggunakan cek rekam jejak riwayat keuangan yang Anda miliki, seperti dengan melakukan cek antar bank melalui fasilitas Sistem Informasi Debitur (SID) atau sering dikenal dengan BI Checking.

Selain itu, untuk mendapatkan pinjaman KTA dengan mudah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti :

1.    Perbaiki Catatan Rekening
Salah satu pertimbangan penting pihak Bank untuk menyetujui atau tidaknya aplikasi KTA yang Anda ajukan adalah catatan rekening bank Anda. Khusus karyawan, dokumen penting yang wajib diperhatikan adalah slip gaji dan riwayat rekening koran tabungan Anda. Penghasilan menjadi tolak ukur pihak bank dalam mengevaluasi pinjaman tanpa agunan ini. Ada syarat umum, mayoritas KTA bank mewajibkan Anda memiliki penghasilan rutin Rp2-3 juta perbulan.

2.    Gunakan Data yang  Sebenarnya
Jujur adalah kunci kelancaran memperoleh KTA dengan mudah. Hindarilah menyembunyikan informasi, pastikan bahwa data yang Anda masukkan ke dalam formulir aplikasi KTA benar-benar sesuai dengan aslinya. Pihak bank tentu akan tidak menyetujui pengajuan KTA Anda jika ditemukan data-data palsu.


3.    Mudah Dihubungi Pihak Bank
Kesuksesan aplikasi KTA Anda juga dipengaruhi dari nomor kontak yang Anda berikan kepada bank. Usahakan untuk memberikan nomor telepon yang selalu Anda gunakan, sehingga bank mudah menghubungi Anda guna memverifikasi data-data yang Anda berikan.

4.    Gunakan Kartu Kredit dengan Baik
Pahami fungsi kartu kredit dalam kesuksesan pengajuan KTA. Saat ini, kartu kredit menjadi salah satu persyaratan pokok dokumen pengajuan KTA yang harus dipenuhi. Mayoritas perbankan mempersyaratkan kepemilikan kartu kredit untuk pengajuan produk KTA-nya. Masih minim produk KTA yang tidak menggunakan persyaratan kepemilikan kartu kredit.

5.    Atur Proporsi Cicilan
Besar kemungkinan bank akan menolak permohonan pinjaman bila total cicilan utang Anda, melebihi sepertiga dari penghasilan setiap bulan. Pihak bank tak ingin Anda kesulitan membayar kebutuhan lain dan terpaksa mengambil porsi yang seharusnya digunakan untuk membayar cicilan utang. Artinya, bila saat ini total cicilan utang Anda sudah mencapai 30% dari penghasilan, kurangi dulu porsi cicilan utang tersebut.

Setelah Anda mendapatkan sejumlah dana dari pengajuan Pinjaman KTA yang Anda lakukan, maka langkah selanjutnya adalah memanfaatkan pinjaman tersebut dengan sebaik-baiknya. Hal lain yang tak kalah pentingnya adalah membayar cicilan dengan baik dan tepat waktu setiap bulannya, dengan demikian Anda akan memiliki riwayat kredit yang baik di mata bank.

KTA akan sangat membantu dan cukup mudah untuk diajukan, namun hal ini tetap harus dilakukan dengan sangat penuh pertimbangan, di mana Anda akan dihadapkan pada sejumlah cicilan bulanan dalam waktu yang lumayan panjang. Pertimbangkan dengan matang sebelum mengajukan KTA dan gunakan dana yang diperoleh tersebut dengan bijak.

You May Also Like

0 komentar