Diberdayakan oleh Blogger.

Perlengkapan Bayi Yang Wajib Dibawa Saat Melakukan Travelling

by - Februari 08, 2020

Perlengkapan Bayi Blibli

Salah satu kebiasaan orang Indonesia adalah saling mengnjungi rumah keluarga untuk saling bersilaturrahmi, namun kegiatan ini memang akan sedikit berbeda jika kamu sudah memiliki anak apalagi yang baru berumur hitungan bulan.

Untuk melakukan perjalanan jauh, ada banyak perlengkapan bayi yang harus disiapkan agar perjalanan kamu dan buah hati dirasa menyenangkan. Biasanya orang tua, apalagi pasangan muda yang baru saja dikarunia anak pertama akan kebingungan apasaja barang atau perlengkapan bayi yang harus dibawa jika sedang melakukan perjalanan jauh.

Untuk itulah kami membuat blogini, karena pada tulisan kali ini kami akan berikan beberapa perlengkapan bayi yang wajib kamu bawa saat sedang mel;akukan travelling atau perjalanan yang jauh, mulai dari :

1.    Bawa makan dan minum yang cukup
Menyesuaikan waktu keberangkatan dengan jadwal si Kecil adalah satu cara yang ampuh agar ia tidak rewel di perjalanan. Sebaiknya, pilih waktu saat si Kecil sudah merasa kenyang atau dalam keadaan segar. Nah, jika waktunya si Kecil beristirahat Mama dan keluarga masih berada di perjalanan, sebaiknya Mama siapkan lebih dulu makanan dan perlengkapan sebelum ia rewel. Jika masih minum ASI, maka siapkan waktu istirahat sehingga si Kecil bisa menyusu dengan tenang.

2.    Bawa mainan
Membawa mainan favorit si Kecil saat sedang liburan adalah salah satu cara ampuh menyelamatkannya dari kebosanan selama perjalanan. Hal itu nggak lain untuk mengalihkan perhatiannya dari kebosanan saat macet atau perjalanan dengan jarak tempuh hingga berjam-jam. Alangkah lebih baik jika Mama membawa mainan yang bisa membuatnya bermain sambil belajar.

3.    Perlengkapan mandi
Kulit Bayi atau balita yang lembut dan sensitif membutuhkan perlengkapan mandi khusus yang berbeda dengan orang dewasa. Agar lebih praktis, pilih sabun 2in1 khusus bayi yang berfungsi ganda sebagai sabun sekaligus sampo. Kemudian masukkan sabun ke botol kecil (travel size) agar lebih praktis dan hemat tempat. Jangan lupa membawa minyak telon, cotton bud, kapas dan baby lotion untuk menjaga kulit bayi selalu lembap. Kamu juga bisa menyiapkan sebotol kecil deterjen  baju bayi untuk berjaga-jaga jika tidak ada jasa laundry di tempat menginap.

4.    Popok bayi
Perlengkapan bayi berikutnya yang tidak boleh terlupakan adalah popok bayi. Hitung jumlah popok yang akan dibawa sesuai dengan lama perjalanan. Sebaiknya sediakan 2 hingga 4 popok lagi untuk cadangan. Intensitas pemakaian popok sekali pakai yang rutin berisiko menyebabkan ruam pada pantat bayi. Oleh sebab itu, siapkan popok kain (cloth diaper) sebagai alternatif popok lain yang bisa dikenakan si Kecil.

5.    Perlengkapan menyusui
Nursing apron atau cover menyusui adalah benda wajib yang harus dibawa oleh Mama untuk menyusui selama perjalanan. Sebab tidak semua tempat wisata atau transportasi publik memiliki ruang khusus untuk menyusui (nursing room). Sedangkan jika bayi minum susu formula, siapkan beberapa buah botol susu yang sudah dibersihkan bersama beberapa porsi susu formula. Jangan lupa juga membawa termos kecil berisi air panas ya, Ma untuk membuat susu bayi selama perjalanan. Dan yang tak kalah penting adalah

6.    Obat-obatan
Selain itu, juga sangat penting untuk membawa P3K dan obat-obatan yang mungkin saja dibutuhkan oleh bayi. Jenis obat-obatan umum yang perlu disiapkan diantaranya obat penurun panas, obat luka atau antiseptik, termometer untuk mengukur suhu tubuh bayi serta krim ruam popok. Jangan ragu untuk segera membawa si Kecil ke dokter jika tiba-tiba ia sakit dalam perjalanan.

Semoga bermanfaat!

You May Also Like

0 komentar